Daftar Distribusi Linux Paling Populer 2018, Untuk Developers!

Daftar Distribusi Linux Paling Populer 2018, Untuk Developers!

Daftar Distribusi Linux Paling Populer 2018, Untuk Developers!

AV Noted – Daftar Distribusi Linux Paling Populer 2018, Untuk Developers. Para Developers sering menggunakan sistem operasi berbasis Linux untuk melakukan pekerjaan sehari-hari dan mengembangkan berbagai hal-hal yang baru. Hal yang selalu menjadi pertimbangan utama bagi seorang Developers untuk pilihan distribusi Linux yang digunakan untuk pemrograman adalah kompatibilitas, konsumsi daya, stabilitas, dan fleksibilitas. Distribusi seperti Ubuntu dan Debian telah menjadi pilihan pertama. Pilihan bagus lainnya seperti openSUSE, Arch Linux, Fedora, dll. Bagi pengguna yang berencana membeli dan belajar Raspberry Pi, Raspbian adalah pilihan terbaik. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel Daftar Distribusi Linux Paling Populer 2018, Untuk Developers. Berikut ini daftar distribusi Linux paling populer tahun 2018 bagi para Developers untuk dicoba. 

Daftar Distribusi Linux Paling Populer 2018, Untuk Developers!


Daftar Distribusi Linux Paling Populer 2018


Debian GNU/Linux


Debian berisi sejumlah besar paket perangkat lunak, serta menyediakan stabilitas yang baik dan sejumlah besar tutorial untuk membantu para pengembang memecahkan berbagai masalah. Cabang uji Debian, yang memiliki semua perangkat lunak terbaru dan sangat stabil. Cocok untuk pemrogram tingkat lanjut dan administrator sistem. Debian memiliki banyak pustaka sumber terbuka yang gratis, dan manajemen paket .deb juga layak untuk direkomendasikan.

Ubuntu


Selama bertahun-tahun, berkat dukungan Canonical dan komunitas open source, Ubuntu telah menjadi sorotan dari kancah desktop Linux. Karena popularitas dan perkembangannya yang berkelanjutan, turunan Debian ini banyak digunakan dalam aplikasi cloud dan server. Ini juga memiliki berbagai gaya untuk memenuhi kebutuhan orang yang berbeda. Versi LTS memberikan pengalaman hebat dan dapat menyelesaikan masalah dengan cepat. Ubuntu juga mendukung sistem manajemen paket .deb yang populer.

openSUSE


openSUSE adalah sistem operasi pemrograman yang sangat stabil yang membuatnya mudah untuk dijalankannya. Ada dua versi dari distribusi Linux ini. openSUSE Leap adalah versi LTS yang menyimpan pembaruan dengan tetap menjaga stabilitas. Tumbleweed adalah versi bergulir untuk pengguna yang menyukai perangkat lunak terbaru. Salah satu keunggulan utama OpenSUSE adalah manajemen paket YaST, yang membuatnya mudah untuk mengotomatisasi tugas yang berbeda. Lain adalah metode pengiriman perangkat lunaknya.

CentOS


Karena dikompilasi dari kode sumber RHEL, sebagian besar perangkat lunak komersial yang dibuat untuk RHEL dapat dijalankan di CentOS. Proses instalasi dan pengaturannya hampir seperti Fedora. Kumpulan besar perangkat lunak Red Hat dan penyimpanan CentOS dapat memenuhi kebutuhan perangkat lunak yang berbeda. Ini memungkinkan pengembangan aplikasi menggunakan virtualisasi Xen. Ini menggunakan YUM untuk manajemen paket.

Fedora


Sponsor Fedora adalah Red Hat, yang dikenal karena menyediakan fitur paling mutakhir dari dunia desktop Linux. Versi terbaru sering memacu distribusi Linux baru untuk mengambil fitur baru dan membuat perubahan. Paket perangkat lunaknya yang cerdas, otomatis dikonfigurasi dan diperbarui membuatnya menjadi sistem operasi pemrograman yang sempurna bagi para pengembang. Fedora hanya berisi komponen sumber terbuka dan cocok untuk penggemar open source. Ia bekerja di luar kotak pada sebagian besar perangkat keras. Versi kecil juga menyediakan fitur-fitur canggih.

Arch Linux


Arch Linux sangat mudah dikustomisasi. Arch Linux adalah distribusi Linux favorit untuk penggemar Linux hardcore dan dilengkapi dengan kernel Linux dan manajer paket. Jika Anda perlu melakukan beberapa pengujian penetrasi, Anda dapat mengkonversi instalasi Linux Arch Anda ke instalasi BlackArch.

Gentoo


Ia dapat melakukan semua pekerjaan dari kode sumber, dan itu juga dapat membangun kembali seluruh sistem untuk arsitektur CPU tertentu. Ini memiliki persyaratan teknis yang lebih tinggi, tetapi semakin lama waktu yang dibutuhkan, semakin dalam, semakin ia tahu. Instalasi Gentoo sedikit terombang-ambing, tetapi Anda mendapatkan sistem yang super stabil.

Raspbian


Setiap pengembangan iterasi baru membuat komputer Raspberry Pi menjadi lebih dan lebih kuat. Ini secara luas digunakan dalam pengajaran pemrograman Linux dan coding fundamental. Ini memiliki BlueJ, Geany, Greenfoot, Mathematica, Python, Node-RED, Scratch dan alat-alat lain untuk meningkatkan efisiensi belajar.


Demikian tentang artikel Daftar Distribusi Linux Paling Populer 2018, Untuk Developers, semoga dapat membantu dan bermanfaat, apabila para pembaca memiliki pendapat yang berbeda, bisa disampaikan pada kolom komentar. Terima kasih.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentarlah dengan baik dan bijak, serta jangan spam. terima kasih