Cara Mudah Meningkatkan Umur Pemakaian Baterai Android & iOs, Lengkap!

Cara Mudah Meningkatkan Umur Pemakaian Baterai Android & iOs, Lengkap!

Cara Mudah Meningkatkan Umur Pemakaian Baterai Android & iOs, Lengkap!

AV Noted – Cara Mudah Meningkatkan Umur Pemakaian Baterai Android & iOs. Baterai ibarat kesadaran bagi smartphone, sungguh tidak menyenangkan apabila kita sedang asik memainkan smartphone tiba-tiba ada notifikasi Baterai habis. Memang betul kita bisa memakai powerbank, namun itu bukan merupakan solusi untuk jangka panjang, melainkan sementara saja. Sebagai pengguna penting bagi kita untuk selalu memaksimalkan kekuatan dan umur Baterai smartphone. Kekuatan Baterai sendiri ialah batas jangka waktu di jalankannya perangkat smartphone sebelum perlu diisi dayanya kembali. Sedangkan umur Baterai adalah jangka waktu bertahannya suatu Baterai hingga sampai harus diganti dengan yang baru. Jadi, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara meningkatkan dan menghembat daya tahan Baterai Android & iOs lengkap dan berhasil.

How To Increase Battery Life Android & iOS


Sebelum kita mencari pemecahan masalah, kita harus tau terlebih dahulu tentang kesalahan apa yang biasa kita lakukan yang dapat membuat baterai kita cepat habis. Mungkin kesalahan ini bisa sengaja atau tidak sengaja kita lakukan. Berikut berbagai kesalahan yang membuat Baterai cepat habis.

Kesalahan yang Dapat Memperpendek Umur Baterai Android & iOs


GPS Lokasi Selalu di Nyalakan


Selain jaringan telepon seluler Anda seperti airtel, ada jaringan nirkabel lain juga seperti wifi, bluetooth, gps, dll. Ketika kita menyalakan, jaringan nirkabel ini baterai smartphone kita lebih cepat habis daripada seperti biasanya. Jadi apabila kita selalu mengaktifkan lokasi GPS pada smartphone, daya Baterai akan cepat terkuras, sebaiknya anda menggunakan lokasi GPS saat memerlukannya saja.

Charge yang berlebihan


Kesalahan yang sering kita lakukan ialah, mengisi daya Baterai ponsel ketika daya tersebut akan seluruhnya habis, bahkan sampai smartphone mati dengan sendirinya. Kesalahan ini kerap dilakukan bagi orang yang senang memainkan game, bahkan mereka rela memainkan game dengan kondisi smartphone yang langsung dikoneksikan dengan charge yang dapat membuat baterai cepat panas, karena itu merupakan hal buruk bagi kesehatan Baterai smartphone. Sebaiknya anda mengisi daya Baterai saat daya kita berada pada kisaran 20% – 30%.

Hindari Suhu lingkungan yang ekstrem


Hindari menggunakan ponsel pada suhu yang terlalu panas ataupun terlalu dingin. Karena Ponsel dirancang untuk beroperasi dengan baik dalam kisaran suhu anatara 16° hingga 22° C (62° hingga 72° F) yang disebut sebagai zona nyaman yang ideal. Sangat penting untuk menghindari perangkat dari paparan suhu ekstrem yang lebih tinggi dari 35° C (95° F), yang nantinya dapat merusak kapasitas baterai secara permanen.


Gunakan Chargers Original


Janganlah anda sekali-kali menggunakan chargers yang bukan merupakan original dari perangkat anda. Karena setiap ponsel memiliki standar chargers yang berbeda-beda. Dan apabila itu kita lakukan, sangat mempengaruhi umur Baterai dalam jangka panjang.

Lepaskan chasing tambahan


Apabila anda menggunakan hardcase atau softcase tambahan pada smartphone, sebaiknya anda melepasnya pada saat waktu penggisian daya. Karena mengisi daya perangkat saat tertutup casing tertentu dapat menumpuk panas secara berlebih, yang dapat memengaruhi kapasitas baterai. Jadi apabila anda menyadari perangkat menjadi panas saat diisi, segera lepaskan chasing tambahan tersebut.

Tips Meningkatkan Masa pemakaian Baterai Android & iOs


Atur Kecerahan Layar


Kecerahan pada layar merupakan salah satu hal terpenting yang menguras daya Baterai. Sebagiknya anda mengatur kontras kecerahan layar pada saat dibutuhkan saja, dan jangan diatur pada setelah auto.

Matikan pembaruhan otomatis


Pembaruan otomatis tidak meminta izin untuk mengunduh pembaruan apa pun. jadi, ketika Anda tidak perlu memperbarui atau Anda memiliki sedikit daya, bahkan kemudian mulai mengunduh aplikasi dan menguras baterai dengan cepat. Anda dapat mengunduh pembaruan sendiri nanti saat ponsel memiliki jaringan dan baterai yang baik. Jadi sebaiknya anda nonaktifkan pembaruhan otomatis.

Hindari pemakaian live wallpaper


Karena apabila kita menggunakan live wallpaper pada ponsel akan menguras banyak daya, meskipun memang wallpaper kita terlihat bagus, namun bagi saya tidak baik untuk kondisi Baterai. Sebagiknya gunakan wallpaper seperti photo atau sesuatu yang sederhana.

Nonaktifkan Aplikasi Dibelakang Layar


Banyak aplikasi yang dapat bekerja pada latar belakang, aplikasi ini akan otomati bekerja meskipun kita tidak membukanya. Anda dapat mengatur aplikasi apa saja yang dapat berjalan pada latar belakang pada menu setting. Karena apabila ada aplikasi yang memang benar-benar tidak dibutuhkan itu akan membuat daya Baterai cepat terkuras.

Baca Juga: Cara Cepat Menghapus Cookies di Android dan iOS


Selalu Update Perangkat


Selalu lakukan pembaharuan pada perangkat anda, karena developer selalu berupaya untuk meningkatkan performa smartphone yang kita gunakan dan menghilangkan bug yang terdapat pada versi sebelumnya.

Jadi itulah beberapa tips dan tindakan pencegahan yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan umur Baterai Android & iOs. Demikian artikel tentang Cara Mudah Meningkatkan Umur Pemakaian Baterai Android & iOs, semoga dapat bermanfaat dan membantu anda, apabila ada pertanyaan anda dapat mengajukannya pada kolom komentar. Terima kasih dan selamat mencoba tipsnya.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentarlah dengan baik dan bijak, serta jangan spam. terima kasih